June 14, 2015

Arti Logo HIMAKOM

KONSEP DASAR PERANCANGAN LOGO 

Untuk menjaga keaslian logo terdahulu, pertahankan logo awal, ubah dengan yang perlu diganti saja, penggunaan unsur warna dan bentuk yang serupa.Perubahan dapat memotivasi HIMAKOM menjadi lebih baik dengan melibatkan unsur historik yang berarti.

“Buatlah sesuatu dengan sesederhana mungkin tapi tidak dengan semudah mungkin”(Einstein dengan E=MC 2 –sederhana-nya yang rumit).
Presentasikan logo dengan image teknik komputer.

Lambang HIMAKOM Baru

12957701_1060227194020595_769882900194240047_o

Perubahan lambang (simbol Ganesha dirubah menjadi Chip IC Microprocessor POLBAN) Hampir keseluruhan bentuk logo dipertahankan sesuai dengan logo terdahulu, yang berubah adalah logo inti yang semula “gajah duduk” menjadi “chip IC Mikroprosesor”. Tanpa bermaksud mengubah arti sebenarnya (makna logo HIMAKOM dari pendiri ) mulai dari penggunaan warna, bentuk serta tipografi logo terdahulu, saya menuliskankan makna beberapa hal tersebut dari beberapa referensi

 

 

Warna :

  1. Biru : kepercayaan, teknologi, keteraturan, pemikiran luas, siap menghadapi tantangan, memiiki sikap setia dan patuh pada kewajiban dan tugas, kejujuran dan integritas.
  2. Merah : keberanian, energi, kekuatan, keteguhan, semangat, dominan, menaklukkan, ekspansif(meluas), aktif dan vital(hidup).
  3. Putih : Suci, kemurnian, ketepatan.

Bentuk Umum :

  1. Lingkaran : Lambang persatuan, kedinamisan, komunitas, keseluruhan, pergerakan.
  2. Garis (Lingkaran, vertical, horizontal, diagonal, zig-zag): stabilitas, kemegahan, dinamika,keanggunan, kekuatan, ketenangan, pertumbuhan.

Tipografi :

Bentuk Sans Serif : modern, kotemporer, efisien, bersahabat. Dapat ditegaskan sekali lagi bahwa logo HIMAKOM terdahulu sudah sangat matang dalam perancangannya.

Chip IC Microprocessor POLBAN

  1. HIMAKOM dapat menjadi inti(pusat) pergerakan mahasiswa di lingkungan jurusan, polban, atau bahkan ke luar.
  2. Mencerminkan anggota HIMAKOM adalah mahasiswa/alumni JTKI Polban yang bergelut di dunia komputer.
  3. Batang tubuh chip yang segiempat menggambarkan komponen pembangun dan pelindung HIMAKOM yaitu Alumni, kelas III, kelas II, kelas I.

Unsur Historis

  1. Jumlah kaki di setiap sisi (delapan) menjelaskan hari jadi HIMAKOM 8 Agustus.
  2. Jumlah ruang di dalam kotak chip berjumlah delapan(8), dan garis panah berwarna hitam yang menunjukkan kaki chip yang menembus pendek ke dalam kotak tersebut berjumlah tujuh(7), menggambarkan tahun kelahiran HIMAKOM yaitu 1987.

Diharapkan dengan logo baru ini :

  1. Ciri khas HIMAKOM tetap terjaga
  2. HIMAKOM lebih hidup pergerakannya
  3. Logo tidak hanya dijadikan pengenal tapi juga motivator bagi HIMAKOM
  4. HIMAKOM benar-benar JAYA SELAMANYA !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *