June 14, 2015

Sejarah Himakom

Himakom secara resmi didirikan pada tanggal 8 Agustus 1987 oleh Mahasiswa Teknik Penggunaan Komputer Politeknik ITB angkatan pertama (sekarang menjadi Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Bandung). Himpunan ini agak terlambat lahir dikarenakan oleh kondisi khusus yang dihadapi oleh mahasiswa angkatan tersebut.

Pada saat itu Jurusan Teknik Penggunaan Komputer baru pindah dari kampus pusat ITB di Ganesha 10 ke kampus Politeknik ITB. Seperti diketahui jurusan ini sebelumnya bernama Pendidikan Ahli Teknik (PAT) Penggunaan Komputer. Dalam kondisi kurang kegiatan datang tawaran dari Himpunan Mahasiswa PAT (sebelumnya mahasiswa PAT Penggunaan Komputer sudah mempunyai Himpunan) untuk bergabung dengan leluhur kita.

Tawaran lain berasal dari Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Politeknik ITB agar mahasiswa jurusan kita bergabung dengan mereka. Jadi kita menjadi sub Himpunan ke-4 setelah Elektronika, Listrik dan Telekomunikasi. Karena kita merasa mampu maka kita memutuskan untuk berdiri sendiri. Dan memang kenyataannya kita memang mampu.

Sebelumnya kumpulan dari mahasiswa jurusan kita belum mempunyai nama sampai suatu saat Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin mengadakan lomba olahraga. Rekan-rekan mahasiswa mengadakan rapat seangkatan untuk membahas nama himpunan. Dari sekian nama usulan seperti HMK, HIMATEK, HIMATER, HMTK dan HIMAKOM.

Akhirnya terpilihlah nama yang terakhir. Alasan pemilihannya sangat sederhana yaitu nama itu singkat dan enak untuk diucapkan sebagai yel. Sehingga dapat dipakai untuk berteriak saat memberi dukungan pada pertandingan olahraga atau event lain.

Lambang

Lambang dari tahun 1987-2005 (Angkatan 1 – 18)

lambang lama

Karena Politeknik ITB mulai berdiri sendiri dan mengganti nama dan lambangnya menjadi Politeknik Negeri Bandung maka HIMAKOM harus mengganti lambangnya sebagai konsekuensi dari perubahan ini.

Lambang dari tahun 2005-Sekarang

 

logohimakom

Tanggal Pengesahan : 9 Agustus 2005
Designer : Shandi Pratama (18’2004)